Bagikan

4 Cara Nego Gaji Paling Mulus!

Egan Janitra, 29 May 2022

Apakah kamu saat ini sedang dalam proses interview kerja? Jika iya, penting untuk mempelajari dan mengetahui rentang gaji yang sesuai dengan pasaran dibandingkan dengan gaji yang akan kamu terima nanti. Tentu saja akan sangat baik jika gaji yang kamu terima sama dengan atau lebih dari pasaran, namun jika ternyata di bawah standar pasaran, bagaimana? Simak 4 tips yang telah Tim Epployee rangkum khusus untukmu!

Pertama, sampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada perusahaan yang sedang mewawancara kamu. Beritahu mereka bahwa kamu sangat merasa senang telah diberikan kesempatan dan menjadi kandidat yang telah dipertimbangkan oleh perusahaan. Selanjutnya, katakan kepada mereka bahwa kamu optimis dengan sektor bisnis dan kemampuan perusahaan untuk terus maju dan sukses seiring perkembangan zaman.

Kedua, sampaikan bahwa kamu menghargai gaji yang ditawarkan oleh perusahaan (walaupun itu lebih rendah daripada standar gaji pasaran atau yang kamu harapkan). Namun demikian, beritahu mereka bahwa kamu telah melakukan riset terkait dengan standar gaji yang ada ditambah dengan kisaran pengeluaran standar kamu bulanan seperti indekos, transportasi, standa makan harian, kuota, serta perlengkapan yang menunjang pekerjaanmu. Sehingga, perusahaan memahami bahwa keberatan yang kamu sampaikan adalah rasional dan wajar.



Ketiga, sampaikan kepada mereka terkait dengan kemampuan dan pengalaman kamu, baik kemampuan akademis, pengalaman organisasi, magang, perlombaan, pelatihan ataupun pengalaman kerja di tempat sebelumnnya. Tentu saja yang kamu sampaikan itu haruslah relevan. Misalnya, kamu melamar pekerjaan sebagai seorang Quality Assurance, maka sampaikan bahwa kamu pernah mengikuti pelatihan, seminar atau kegiatan yang berhubungan dengan hal tersebut. Jangan kamu sampaikan bahwa kamu pernah juara di perlombaan futsal atau pengalaman loka karya di kampus, itu tidak ada hubungannya secara langsung dan tidak menunjang pekerjaan sebagai Quality Assurance.

Keempat, sampaikan kembali harapan kamu bahwa kamu memang punya keinginan kuat untuk diterima bekerja, siap berdedikasi, dan berkontribusi secara maksimal. Namun jangan berlebihan yaa (lebay) seperti “saya siap ditempatkan di seluruh Indonesia” atau “saya siap lembur setiap malam” atau “saya fast respon 24 jam Pak”, atau hal apapun yang terkesan berlebihan dan kamu memang tidak siap untuk itu.