Bagikan

Mau Anti Kena PHK dan Auto Promosi? Simak Tipsnya!

Egan Janitra, 30 Oct 2022

Di era globalisasi dan pesatnya laju teknologi yang seiring dengan meningkatnya tensi kompetisi di kalangan pelaku usaha baik kecil, menengah dan besar, membuat pasar tenaga kerja mendapatkan sorotan yang kian tajam.  Pasalnya, kompetensi para angkatan kerja pendatang baru semakin bersaing bahkan di usia yang masih sangat muda. Hal ini tentu membuat kita para karyawan yang saat ini sudah cukup mapan bekerja di perusahaan patut memberi perhatian lebih pada fenomena ini karena dampaknya tidak hanya pada peluang kompetisi untuk promosi saja tapi juga pintu PHK juga turut terbuka. Terdengar berlebihan? Mungkin iya tapi memang seperti ini kenyataannya.

Lalu bagaimana cara kita bertahan atau bahkan mungkin memasang mode “menyerang” sehingga alih-alih terkena PHK tapi justru mendapatkan kesempatan promosi? Simak tips ampuh berikut ini!

Pertama, pastikan setiap pekerjaan yang kamu kerjakan tercatat dan terdokumentasi dengan baik. Contohnya jika kamu seorang staff marketing maka catatlah seluruh pencapaian yang kamu lalui, tidak hanya bulanan tapi juga mingguan dan harian. Contoh lain, jika kamu seorang staff akunting maka dokumentasikan setiap pelaporan yang kamu buat setiap bulannya. Hal ini dimaksudkan agar atasan dan manejemen tau bahwa kamu punya rekam jejak pekerjaan yang baik.



Kedua, pastikan hasil kerjamu selalu mencapai target atau setidaknya banyak mengalami peningkatan kinerja. Contoh yang sama adalah seorang staff marketing telah mencapai 1 miliar Rupiah sampai 1,5 miliar Rupiah omset pada kuartal I sampai IV tahun 2022. Sedangkan seorang akuntan dapat membuat pembukuan yang kian rapih dan presisi seiring dengan transaksi perusahaan yang semakin beragam. Sehingga perusahaan akan berpikir belasan kali untuk tidak memberikanmu promosi.

Ketiga, ini yang paling penting, pastikan dokumentasi kinerjamu terekam dengan baik dan sempurna. Hal ini tidaklah sulit khususnya pada era teknologi seperti saat ini. Solusinya tidak lain adalah dengan berlangganan Smart HR System by Epployee, yaitu sebuah sistem canggih yang memiliki beragam fitur yang membantu transparansi dan otomasi pencatatan HR di perusahaan kamu.

Adapun dalam hal ini, fitur Smart Performance by Epployee akan membantu kamu dan perusahaanmu untuk merekam dan melakukan evaluasi atas seluruh kinerja yang ada di lingkungan perusahaanmu. Berbagai layanan unggulan di antaranya adalah penilaian kinerja 360 degree dan OKR (Objective Key Result). Fitur ini wajib untuk dimiliki karena pengaruhnya akan sangat besar bagi perusahaan dan karyawan pada saat yang bersamaan.



Bagaimana tidak, perusahaan akan mendapatkan data yang transparan atas kinerja karyawannya, sehingga perusahaan tidak akan keliru dalam mengambil keputusan siapa yang patut diberi tugas apa, siapa yang layak mendapatkan kenaikan gaji dan promosi, serta siapa yang pantas mendapat sanksi karena kinerja buruk yang tidak dapat lagi ditoleransi.

Selain itu, tentu karyawan juga mendapatkan data yang transparan, sehingga dapat dengan meyakinkan manajemen atas kelayakannya untuk auto mendapatkan promosi. Maka, kamu dapat dengan tenang dan penuh optimisme saat kompetisi tenaga kerja semakin tajam.

Tunggu apa lagi, hubungi tim Epployee dan dapatkan jadwal demo pekan ini! Karena kami masih memberikan promo khusus untuk kamu yang membaca blog ini.