Bagikan

Dahsyatnya Sistem Teknologi HR Saat Diterapkan di Perusahaanmu

Egan Janitra, 18 Dec 2022

Di era peralihan menuju era yang serba digital atau teknologi saat ini mengharuskan banyak perusahaan harus mengadopsi teknologi sedikit banyak ke dalam sendi-sendi bisnisnya. Perlahan namun pasti, mulai dari hal yang kecil sampai nanti adopsi teknologi sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari model bisnisnya.

Contoh paling sederhana saat ini adalah adanya aplikasi chat “Whatsapp” yang tidak sekedar menjadi jembatan mempererat silaturahmi, tapi juga banyak digunakan dalam urusan bisnis. Sebut saja biasanya beli sayur adalah dengan menunggu di depan rumah, tapi saat ini kita bisa dengan chatting abang tukang sayurnya untuk mengetahui apakah dia jualan atau tidak hari ini, bahkan ada grup Whatsapp untuk bisa update harga atau stok, atau ada fitur share location untuk tau posisi abang tukang sayur tersebut sedang berada dimana. Dahsyat bukan?

Hal tersebut tentunya sangat memiliki pengaruh besar dalam proses bisnis. Lalu siapakah yang diuntungkan? Tentu saja kedua pihak baik penjual maupun pembeli akan sangat terbantu dalam mencapai tujuan yang mereka inginkan. Pembeli tentu ingin membeli dengan mudah dan murah serta tidak ingin terlewat saat tukang sayur itu datang, karena konsekwensinya yaitu si pembeli harus meluangkan waktu ke pasar yang belum tentu kepastian harga dan stoknya. Begitupun penjual, tentu saja akan mendapat berkah berupa peningkatan omset dan mengetahui potensi pembeli dengan jauh lebih mudah.



Jika kita zoom out dan melirik ke konteks perusahaan yang jauh lebih besar skalanya, maka teknologi menjadi jauh lebih penting lagi karena bisnis yang jauh lebih kompleks. Sebuah perusahaan outsourcing misalnya, butuh untuk tahu dimana posisi para tenaga kerjanya dan bagaimana proses pekerjaan mereka dari hari ke hari. Selanjutnya, para pengguna tenaga outsourcing juga membutuhkan data bagaimana kinerja para pegawai lepas mereka tersebut. Atau yang cukup populer hari ini adalah sistem penggajian yang serba otomatis, satu kali klik saja maka perhitungan gaji, tunjangan, denda, lembur sampai seluruh perhitungan BPJS dan pajak semua langsung jadi.

Pada sepuluh tahun terakhir, teknologi masih dipandang sebelah mata dan dianggap bukan kebutuhan mendasar. Tapi saat ini semua sudah berbeda, mengingat siklus bisnis menjadi sangat cepat. Sebuah bisnis dapat dengan cepat melesat dan memiliki omset triliunan Rupiah hanya dalam beberapa tahun saja (contoh Blackberry dan FTX). Begitupun sebaliknya, sebuah perusahaan dapat bangkrut tanpa kita pernah menyadari dimana titik baliknya (contoh: Nokia dan Kodak). Oleh karena itu, sangat penting untuk mengadopsi teknologi agar percepatan dapat terjadi dan tidak ketinggalan dari para pesaingnya. Selain itu, teknologi dapat menghemat banyak biaya dan waktu operasional.

Memang tantangan terlihat berat, namun tahukah kamu bahwa adopsi teknologi ternyata tidak sesulit itu jika kita sebagai business owner, manajemen bisnis atau sebagai insan perusahaan memang punya keinginan untuk mengubah proses bisnis menjadi jauh lebih baik.



Sebut saja Epployee, sebuah perusahaan Start Up yang sangat percaya diri masuk dalam industri HR System yaitu sebuah sistem aplikasi berbasis web dan mobile canggih yang berusaha dan telah berhasil membidani lahirnya teknologi di bidang Sumber Daya Manusia / Human Resources di berbagai perusahaan kenamaan di Indonesia.

Menariknya, dengan berbagai modul seperti smart attendance, smart payroll, smart task management, smart performance, smart learning management system, yang pastinya sudah teruji manfaat, dampak, dan keamanannya, ternyata Epployee masih memberikan harga termurah se Indonesia!



Berawal dari story “Every Employee Has A Story”, Eppoyee berkomitmen untuk terus memberikan kualitas terbaik dengan harga paling kompetitif.

Akhir kata, tidak ada lagi alasan untuk perusahaan tidak menerapkan teknologi sedini mungkin, termasuk yang paling penting adalah adopsi teknologi pada sendi Sumber Daya Manusia dengan sebuah Smart HR System. Hubungi kami untuk demo, gratis!