Bagikan

Perbedaan Metode Gaji Gross dan Net: Karyawan Menang Banyak Jika Pakai Net?

Egan Janitra, 04 Jun 2022

Negosiasi gaji adalah momen puncak saat proses rekrutmen karyawan. Selain negosiasi jumlah nominal gaji, metode perhitungan pajaknya pun dapat dilakukan negosiasi pula. Beberapa metode yang paling umum adalah metode net dan gross. Perbedaan metode ini akan berakibat pada perbedaan nominal gaji yang benar-benar diterima oleh karyawan, hal tersebut berarti pula akan ada perbedaan beban / biaya gaji karyawan yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Perbedaan metode ini pada umumnya tidak banyak dilakukan negosiasi oleh calon karyawan, sehingga secara otomatis perhitungan pajak yang diterapkan adalah metode yang paling banyak dianut (yang paling menguntungkan oleh perusahaan) yaitu metode gross. Sehingga tidak jarang karyawan merasa heran karena gaji yang diterima berbeda dengan saat negosiasi, karena karyawan tidak paham perbedaan metode ini, khususnya bagi karyawan muda atau fresh graduate. Lalu, apa perbedaanya?

1. Metode Gross

Seperti yang disebutkan di atas, metode gross adalah yang paling umum digunakan. Saat karyawan menerima gaji dengan perhitungan pajak metode gross maka gaji yang diterima akan terlebih dahulu dipotong pajak penghasilan sehingga gaji bersih atau yang biasa disebut take home pay tidak akan utuh. Perusahaan akan memotong gaji karyawan sesuai dengan tariff pajak yang berlaku setelah dikurangi nilai PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak). Sehingga dengan kata lain karyawan akan menanggung pajak penghasilannya sendiri.

Apakah ini buruk? Tidak juga, karena memang sudah sewajarnya bagi mereka yang memiliki penghasilan harus dikenakan pajak. Sesuai dengan amanat UU yaitu bahwasanya pajak dikenakan atas setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak dari manapun asalnya yang dapat dipergunakan untuk konsumsi atau menambah kekayaan Wajib Pajak.



2. Metode Net

Metode ini biasanya didapatkan setelah hasil negosiasi antara karyawan dengan perusahaan, kenapa begitu? Karena metode net akan menyebabkan gaji yang diterima karyawan akan utuh, artinya perusahaan akan menanggung pajak penghasilan karyawan tersebut, hal ini juga biasa disebut “tunjangan pajak”.

Perbedaan gaji nett dan gross sangat terlihat dalam komponen pemberian THR. Jika perusahaan menggaji karyawan dengan sistem gross, maka THR yang diberikan jumlahnya akan lebih kecil dari upah sebulan. Sedangkan untuk gaji net, karyawan akan mendapatkan THR senilai dengan gaji 1 bulan.

Contoh mudahnya adalah sebagai berikut:

Gaji karyawan = Rp. 10.000.000,-
PTKP = Rp. 4.500.000,-
PKP = Rp. 5.500.000,-
Pajak terutang (5%) =Rp.275.000,-

Gaji bersih dengan metode gross = Rp. 9.725.000,-
Gaji bersih dengan metode net = Rp. 10.000.000,-

Perbedaan metode ini mungkin tidak akan terlalu terasa jika nominal gaji terbilang rendah, sehingga nominal pajaknya mungkin tidak akan terlalu besar. Namun seiring dengan meningkatnya gaji dan karir karyawan, maka nominal pajak yang harus ditanggung baik karyawan maupun perusahaan akan semakin besar, sehingga negosiasi metode pajak dapat dipertimbangkan oleh masing-masing pihak.



Namun, tentu saja perhitungan tidak akan sesederhana di atas, ada berbagai komponen lainnya seperti BPJS, asuransi, tunjangan kehadiran, tunjangan makan, potongan keterlambatan, dsb. Meskipun terkesan rumit, hal itu akan menjadi jauh lebih mudah dengan adanya Epployee, The Smart HR System.

Di era digitalisasi seperti saat ini, tentu banyak hal yang sangat dibantu dengan adanya teknologi. Oleh karena itu Epployee hadir dengan berbagai fitur unggulan, yaitu salah satunya adalah untuk memudahkan berbagai proses administrasi karyawan seperti sistem absensi yang dilengkapi teknologi artificial intelligence dan juga smart payroll yang sudah mengotomasi segala proses dan perhitungan gaji karyawan dengan mengakomodir berbagai metode yang lazim digunakan oleh perusahaan. One click, slip gaji tercetak!

So, tunggu apa lagi, hubungi kami di nomor yang tersedia untuk mendapatkan penawaran khusus dan kunjungi Instagram kami (@epployee.id) untuk mendapatkan banyak informasi menarik seputar dunia kerja!