Bagikan

Simak Tips Cara Karyawan Menjadi Kaya!

Egan Janitra, 12 Feb 2021

Tolak ukuk kesuksesan sering kali diidentikkan salah satunya dengan kekayaan. Kekayaan pun seringkali dilekatkan dengan sosok para pengusaha sukses, pebisnis internasional, dan pejabat tinggi negara. Seolah-olah, pintu kekayaan tersebut tidak berpihak pada kelompok yang mayoritas, yaitu karyawan. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh tim Epployee, ternyata banyak sekali para milyuner yang juga berangkat dari seorang karyawan. Yuk, cari tahu langkah apa saja yang mereka tempuh dan dapat kita ikuti? Berikut rangkuman riset tim Epployee


1. Jadilah Karyawan Prestatif

Seorang karyawan tentu harus memberikan karya terbaiknya di tempat perusahaan tempatnya bekerja. Tapi karya terbaik saja ternyata tidak cukup, karena karya terbaik adalah memang sudah menjadi kewajiban standar bagi setiap karyawan. Sehingga, karyawan yang terbaik adalah hal yang wajar adanya.

Jika ingin menjadi karyawan yang sukses, maka yang harus dilakukan adalah melampaui tingkatan terbaik. Dengan menjadi karyawan terbaik dari yang terbaik, maka cepat atau lambat pasti kinerjanya akan terlihat lebih menonjol dari pada karyawan yang lain. Jika hal tersebut dapat dengan konsisten dilakukan, maka bukan tidak mungkin karyawan tersebut akan menjadi karyawan yang berprestasi dan gerbang promosi dan bonus akan terbuka lebar.

Tentu saja ini tidak mudah, namun bukankah sudah banyak contoh para eksekutif muda yang sudah memiliki karir cemerlang di perusahaan tempatnya bekerja? Kalau mereka bisa, maka siapapun pasti bisa.

Diantara beberapa hal yang dapat dilakukan adalah selalu datang lebih awal untuk mempersiapkan segala pekerjaan, rajin membuat rencana kerja, selalu mengerjakan tugas dengan sangat baik atau di atas ekspektasi, selalu menyelesaikan sebelum tenggat waktu yang diberikan, bersikap proaktif, gemar membantu karyawan lain yang sedang membutuhkan jika memang diminta, memiliki komunikasi yang baik, serta menjaga penampilan tetap sehat dan prima.





2. Disiplin Berinvestasi

Seberapa besar pemasukan tidak akan banyak berpengaruh jika tidak ada usaha besar untuk menabung ataupun berinvestasi. Para milyuner pasti sangat paham bagaimana cara mengelola uang untuk dapat menjadi produktif dan memberikan pendapatan lain di luar pendapatan utamanya. Jika seseorang tidak bisa mengelola uang kecil dengan baik, bagaimana mungkin dia dapat mengelola uang yang besar dengan baik?

Oleh karena itu, setiap karyawan dituntut untuk dapat mengelola keuangannya dengan baik. Gaji yang didapatkannya setiap bulan harus disisihkan untuk masuk dalam portfolio investasi, apapun itu bentuknya dapat disesuaikan dengan profil risikonya. Seiring dengan bertambahnya penghasilan yang dimiliki, maka seyogyanya investasinya pun akan semakin besar pula. Jika investasinya semakin besar maka potensi pendapatan pasif akan semakin besar dan terus terakumulasi. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menuju ke tahap financial freedom.


3. Buka Pintu Rezeki yang Lain

Seorang karyawan tentu memiliki keahlian yang memang selama ini didapatkan dan diberikan pada perusahaan tempatnya bekerja, atau bahkan bisa saja seorang karyawan memiliki keahlian yang berbeda dengan pekerjaan sehari-harinya. Misalnya seorang karyawan di bagian akuntansi dapat bekerja sebagai guru privat akuntansi di luar jam kerjanya, atau juga karyawan tersebut juga bisa mengajar bahasa Inggris atau bahkan melakukan video editing. Tidak sedikit pula karyawan yang memulai bisnis usaha online. Semua tidak ada masalah selama tidak mengganggu jam kerja.

Kegiatan di luar pekerjaan tersebut bisa jadi menjadi gerbang pendapatan lainnya. Sebagai karyawan, maka pertimbangkanlah untuk memiliki multiple source of income. Sehingga berbagai tujuan keuangan dapat lebih mudah tercapai.