Bagikan

Uangmu Habis untuk Lebaran? Jangan Panik! Pulihkan Keuanganmu ke Jalur yang Benar!

Egan Janitra, 26 Apr 2023

Lebaran telah usai dan banyak dari kamu yang telah mengeluarkan uang untuk keperluan lebaran seperti membeli baju baru, membeli makanan dan hadiah untuk keluarga. Namun, setelah lebaran selesai, kamu kembali harus mengatur keuangannya agar tetap baik dan stabil. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam mengatur keuangannya setelah lebaran.


1. Evaluasi pengeluaran lebaran

Setelah lebaran selesai, kamu sebaiknya menghitung kembali pengeluaranmu selama lebaran. Ini penting untuk mengetahui berapa banyak uang yang telah kamu keluarkan dan apakah pengeluaranmu sudah sesuai dengan budget yang telah kamu tentukan sebelumnya. Jika pengeluaranmu melebihi budget, maka kamu perlu membuat perubahan pada pengeluaran untuk ke depannya.



2. Membuat budget untuk ke depannya

Setelah mengevaluasi pengeluaran lebaran, kamu perlu membuat budget untuk ke depannya. Dalam budget ini, kamu harus menentukan pengeluaran-pengeluaran penting seperti tagihan listrik, tagihan air, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Pastikan budget ini cukup realistis dan sesuai dengan pendapatan yang kamu miliki. Jangan lupa untuk memasukkan pos-pos pengeluaran yang berkaitan dengan keperluan setelah lebaran seperti persiapan ulang tahun, persiapan liburan, dan sebagainya.


3. Mencari sumber penghasilan tambahan

Jika pengeluaran selama lebaran telah membuat keuanganmu menjadi sedikit terganggu, kamu bisa mencari sumber penghasilan tambahan untuk menutupi kekurangannya. Sumber penghasilan tambahan seperti menjual barang bekas yang tidak terpakai, menjadi driver online, atau menjadi freelance writer atau designer bisa membantu meningkatkan pendapatan dan membantu kamu untuk kembali mengatur keuangannya.


4. Berhemat di masa-masa sulit

Setelah lebaran, kamu perlu berhemat untuk mengembalikan keseimbangan keuangan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengurangi pengeluaran yang tidak penting seperti makan di luar atau membeli barang yang tidak diperlukan. Kamu juga bisa memilih untuk menggunakan transportasi umum daripada menggunakan kendaraan pribadi yang lebih mahal.


5. Membuat rencana keuangan jangka panjang

Setelah mengatur keuangan untuk ke depannya, kamu juga perlu membuat rencana keuangan jangka panjang. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa keuangan tetap stabil di masa depan. Rencana keuangan jangka panjang bisa berupa menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk tabungan pensiun atau membeli properti.

Dalam mengatur keuangan setelah lebaran, kamu perlu disiplin dan bertanggung jawab. Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan keuanganmu bisa kembali stabil dan tetap baik di masa depan. Selamat mencoba!


By Epployee, sebuah perusahaan Start Up yang bergerak di bidang sistem teknologi ketenagakerjaan. Gunakan Epployee untuk memudahkan segala administrasi ketenagakerjaanmu dengan absen digital, pengajuan lembur, cuti, payroll, pengukuran kinerja sampai learning manajemen yang terintegrasi dalam satu aplikasi mudah! Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran spesialnya!