Bagikan

3 Hal Yang Harus Dilakukan Sambil Nunggu Panggilan Kerja!

Egan Janitra, 22 May 2022

Baru saja lulus kuliah? Atau baru saja resign dari tempat kerja yang lama? Atau karena ada hal lainnya yang membuat kamu sedang “gabut” nungguin hasil lamaran kerja ataupun wawancara kerja? Nah, tentu saja ada banyak hal positif yang kamu bisa kerjakan, jadi hanya rebahan saja ya! Simak beberapa tips yang sudah tip Epployee rangkum dengan khusus untuk kamu!

Pertama, penting untuk mempelari lebih lanjut perusahaan tempatmu melamar, terutama jika tahapan wawancara manajemen belum kamu lalui. Jeda waktu dalam seleksi penerimaan kerja memang tidak bisa diprediksi, bisa saja cepat dan lambat. Namun baik cepat ataupun lambat, semua merupakan alasan kuat untukmu agar dapat mempelajari latar belakang dan bisnis utama serta jajaran manajamen perusahaan, misalnya apakah itu perusahaan tambang ataukah retail, apa saja produknya dan siapa jajaran direksinya, karena itu merupakan hal yang penting dan akan berkaitan dengan tugas yang diamanatkan saat diterima kerja.



Kedua, tingkatkan skill yang relevan. Hal ini sangat penting terutama bagi kamu yang fresh graduate dan sedang proses lamaran kerja, kenapa? Karena gelar saja tidaklah cukup bagi perusahaan untuk menerima dan mengutamakan kamu dibandingkan kandidat lainnya, bahkan lebih jauh lagi, gelarmu tidak akan menjamin posisimu di perusahaan itu. Memang gelar adalah hal penting, tapi perlu kiranya dilengkapi dengan skill yang relevan, misalnya kamu melamar di bagian keuangan, penting untuk mengikuti kursus akuntansi ataupun pajak. Atau jika kamu melamar di bagian marketing, maka penting untuk belajar public speaking. Contoh lain, jika kamu melamar di bagian administrasi, maka untuk mengambil kursus Microsoft office adalah hal yang akan berpengaruh nanti saat berbagai proses lamaran dan di dunia kerja yang sesungguhnya.

Ketiga, melamar lagi di tempat / perusahaan lain, terutama jika perusahaan tempatmu melamar sudah cukup lama tidak memberikan informasi atau bahkan tidak merespon pesan saat kita menidaklanjutinya. Move on. Mungkin perusahaan itu adalah perusahaan besar dan impianmu, atau bahkan mungkin itu adalah perusahaan start up yang memang kamu incar untuk karirmu, tapi tentu saja kita harus bersiap pada kemungkinan terburuk yang terjadi. Maka dari itu cobalah untuk mulai memperbaiki surat lamaran kerja dan CV mu untuk kembali melamar di perusahaan lain.



Demikian tiga saran paling relevan yang berhasil tim Epployee rangkum berdasarkan berbagai hasil riset dan diskusi yang dilakukan. Semoga dapat membantumu dan menjadi masukan yang berharga serta bermanfaat untuk karirmu kedepan. Jangan lupa untuk bagikan tulisan ini ke teman dan kerabatmu ya!

Pesan terakhir, Epployee adalah perusahaan start up teknologi yang bergerak di bidang smart HR system. Kami dapat membantu perusahaanmu dalam transformasi digital di sisi sumber daya manusia. Beberapa fitur unggulan kami adalah absensi pintar, penggajian, penilaian kinjer dan projek manajemen. Tentu saja semua cukup dari satu aplikasi saja, semua dalam genggaman kamu. Murah, mudah dan digital!