Bagikan

Auto Karir Melejit Dengan Meningkatkan Skill 1% Saja? Cocok Untuk Kaum Mageran!

Egan Janitra, 07 Aug 2022

Semua orang ingin karir terus meningkat dan bahkan melejit. Ingin menjadi manajer di usia muda, bahkan sudah banyak contohnya, seorang direktur dan komisaris perusahaan diemban oleh mereka yang masih berusia muda. Ketahuilah, karir pasti sejalan dengan skill yang kita miliki, jika tidak maka jabatan tinggi justru akan menjerumuskan kita dalam masalah yang lebih besar dan kehancuran karir.

Untuk meningkatkan karir dan pendapatan kita, maka diperlukan skill yang memang pantas. Skill berasal dari pengalaman ataupun proses belajar. Nah pada kesempatan ini, Tim Epployee ingin berbagi sebuah tips rahasia, yaitu rule of 1%. Sebuah jurus yang mampu membawa kita menjadi orang yang jauh lebih baik, lebih professional, dan lebih ahli dalam bidang yang kita inginkan. Bahkan, jurus itu sangat mudah digunakan oleh semua orang, diambil dari buku Atomic Habits. 

Strategi 1% rule ini sama sekali tidak sulit, kita hanya perlu melakukan peningkatan atas diri kita sebesar 1% setiap hari. Ya, sesederhana itu saja. Namun 1% tersebut harus terus dilakukan dengan konsisten setiap harinya, sesekali mungkin sebagai manusia pasti ada saat rasa lelah atau malas datang, hal itu tidak masalah, tapi hanya sesekali, tidak lebih. Nah, bagaimana implementasi 1% itu?

Pertama, hal yang paling mudah adalah dengan membaca buku terkait skill ataupun jobdesk pekerjaan yang kita miliki. Buku adalah jendela dunia dan membaca adalah cara untuk membuka jendela tersebut. Saat kita membaca dan terus konsisten membaca, maka pengetahuan kita terus akan bertambah walau hanya 1% setiap harinya. Dari sebuah buku berisi 100 halaman, setidaknya cukup 1 halaman saja yang dibaca dan 1 halaman selanjutnya dibaca keesokan harinya dan begitu seterusnya. Jika kita seorang marketer atau sales, maka bacalah buku terkait marketing atau sales. Begitupula jika kita seorang manajer, bisa membaca buku tentang leadership atau komunikasi.



Kedua. belajar langsung skill lain yang mendukung pekerjaan kita di kantor. Misal dengan membeli online course ataupun mengikuti pelatihan atau seminar. Tidak perlu dilakukan secara radikal, cukup perlahan saja agar tetap senang dan tidak ada keterpaksaan sama sekali atau keberatan dalam mennjalaninya. Caranya dengan menerapkan rule of 1%, pelan-pelan saja, asal konsisten. Contohnya adalah dengan membeli 30 online course terkait dengan pengelolaan payroll HRD misalkan, nah kita bisa menontonnya cukup satu atau bahkan setengah video per hari. Sekali lagi, dengan catatan harus konsisten. Ataupun dalam hal seminar, bisa mengikuti seminar singkat gratisan di berbagai fitur “live” di sosial media yang setiap hari nyaris selalu muncul di beranda kita.

Terakhir, rule of 1% juga sangat baik diterapkan untuk belajar skill lain yang tidak berhubungan degan pekerjaan secara langsung. Misalnya kita seorang staf keuangan dan ingin mengembangkan skill di bidang yang jauh berbeda seperti data scientist, misal lainnya adalah kita seorang supervisor layanan perbankan dan ingin handal di bidang coding atau pemrograman. Bahkan sangat baik pula jika di waktu kosong kita lakukan dengan merekatkan lagi jaringan atau networking jika memang selama ini dirasa tidak ideal, padahal jaringan pertemanan kita adalah salah satu hal paling penting dalam pengembangan karir. Mungkin jika dibayangkan akan terasa sulit, namun ingat, penerapannya cukup 1% saja, setiap hari. Tidak sulit bukan?



Epployee, the Smart HR System, dengan berbagai fitur dan teknologi khususnya di bidang Human Resources (HR), terus berusaha memahami dan membantu meningkatkan kinerja perusahaan agar visi misi perusahaan terus tercapai. Sehingga, perusahaan semakin jaya dan para karyawan semakin sejahtera. Segera kontak kami melalui nomor dan email yang tertera untuk mendapatkan penawaran menarik serta promonya!