Bagikan

Solusi Absen Pintar di Tengah Pandemik

Jhohanes Silalahi, 12 Nov 2020

Tahun 2020 adalah sebuah tahun yang penuh tantangan bagi banyak pelaku bisnis. Wabah Covid-19 membuat organisasi harus melakukan berbagai macam perubahan dari strategi pemasaran, pengembangan produk serta pengelolaan sumber daya manusia (SDM). Menurut penilitian HR Institute (Haak, 2019), teknologi memiliki peran penting untuk membantu HRD dalam mengoptimlaisasi pengelolahan sumber daya, menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan beradaptasi dimasa mendatang. 

Salah satu kekuatiran pelaku bisnis di era pandemik adalah bagaimana mengukur dan mengatur performa karyawan disaat karyawan harus bekerja secara daring. Pemberi kerja khawatir karyawan tidak disiplin mengikuti waktu kerja yang telah disepakati dengan tidak adanya sistem absensi. Kedua, dengan sistem absensi berbasis kertas maupun sidik jari,hal ini sangat memberatkan karyawan karena  hanya dapat dilakukan di dalam kantor. Hal ini sangatlah beresiko karena dapat menjadi media penyebaran dari virus Covid-19 dan menggangu kesehatan pekerja. 

Selain itu, bagi HRD, proses absensi manual memiliki banyak tantangan. Tidak hanya membutuhkan proses adminstrasi berkepanjangan, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan pun sangat tinggi. Pengolahan data yang membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi cenderung memiliki akurasi yang rendah. Kesalahan pemotongan gaji dan penilain kinerja dapat saja terjadi dan menyebabkan hilangnya kepercayaan antara karyawan dan perusahaan.




Berangkat dari hal ini, Epployee lahir untuk membantu pelaku usaha dalam mengelola sumber daya manusia. Solusi ini hadir dengan menggabungkan inovasi dan kreatifitas dengan pemanfaatan artificial intelligence (AI). Tidak hanya dapat membantu HRD dalam melakukan evaluasi kinerja secara real time, Epployee mampu mengubah smartphone karyawan menjadi sebuah mesin absen pintar. Karyawan dapat melakukan absensi melalui aplikasi Epployee di Android dan iOS anda. Selain itu dibantu dengan teknologi pembaca muka, sistem Epployee mampu melakukan validasi untuk lokasi dan identifikasi atas karyawan yang melakukan absensi secara akurat. Tidak hanya mempermudah karyawan, hal ini sangat membantu pemerintah dalam mengurangi potensi penyeberan Covid-19.

Tunggu apa lagi, nikmati manfaat yang Epployee berikan dan ciptakan lingkungan kerja yang positif dan sehat bagi karyawan Anda. Epployee partner perusahaan Anda.